Rabu, 14 Mei 2014

Konten Web Science : LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)

Pada Kesempatan hari ini saya akan membahas secara singkat tentang konten-konten sebuah situs ilmu pengetahuan yang berasal dari Indonesia yaitu LIPI(Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Sebelumnya saya akan membahas apa sih yang menjadi Visi, Misi, Status, Tugas dan Fungsi pada situs LIPI ini, Check this out :
VISI Menjadi lembaga ilmu pengetahuan berkelas dunia yang mendorong terwujudnya kehidupan bangsa yang adil, cerdas, kreatif, integratif dan dinamis yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang humanis.
 MISI Menciptakan great science (ilmu pengetahuan berdampak penting) dan invensi yang dapat mendorong inovasi dalam rangka meningkatkan daya saing perekonomian nasional; Mendorong peningkatan pemanfaatan pengetahuan dalam proses penciptaan good governance dalam rangka memantapkan NKRI; Turut serta dalam proses pencerahan kehidupan masyarakat dan kebudayaan berdasarkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan kaidah etika keilmuan; Memperkuat peran Indonesia (yang didukung ilmu pengetahuan) dalam pergaulan internasional; Memperkuat infrastruktur kelembagaan (penguatan manajemen dan sistem).
STATUS LIPI adalah Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) berada dalam lingkungan Kementerian Negara Riset dan Teknologi yang bertanggungjawab kepada Presiden.
TUGAS LIPI mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian ilmu pengetahuan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
FUNGSI - Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang penelitian ilmu pengetahuan. - Penyelenggaraan riset keilmuan yang bersifat mendasar.
- Penyelenggaraan riset inter dan multi disiplin terfokus.
- Pemantauan, evaluasi kemajuan, dan penelaahan kecenderungan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugas LIPI.
- Pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah di bidang ilmu pengetahuan.
- Penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan administrasi umum.

 Nah selanjutnya saya akan membahas konten-konten dari situs ini.


Pada bagian Header pada situs ini terdapat Menu Bar dengan banyak pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan bidang-bidang ilmu pengetahuan seperti :
- Ilmu Pengetahuan Kebumian yang berisi sub menu yang membahas tentang, Budidaya dan perikanan,Ekosistem laut dan konservasi,Eksplorasi sumber daya alam,Gempa dan mitigasi bencana.
 -Ilmu Pengetahuan Hayati yang berisi sub menu yang membahas tentang, Eksplorasi dan pemanfaatan keanekaragaman hayati,Domestikasi flora dan fauna,Energy bersih dan terbarukan,Pasokan air yang berkelanjutan.
-Ilmu Pengetahuan Teknik yang berisi sub menu yang membahas tentang, Pertahanan dan Keamanan, IT,telekomuniskasi dan elektronik,Transportasi Bersih,Radar pengawasan,Baterai Lithium,Advance Material dan Nanoteknologi
-Ilmu Pengetahuan sosial dan kemanusiaan yang berisi sub menu yang membahas tentang, Demografi dan Populasi,Kebijakan dan Good Governance,Otonomi Daerah,Konflik dan Persaingan,Ketahanan dan daya saing daerah dan masyarakat pesisir.

Lalu tepat dibawah Menu bar terdapat juga Search bar yang digunakan untuk mencari artikel yang ada disitus ini.
Setelah itu ada icon-icon RSS,Facebook,Twitter yang digunakan untuk men-share artikel - artikel menarik ke berbagai media sosial tersebut.

Dan terdapat juga menu-menu lain seperti : Akreditasi jurnal,Fungsional Peneliti,Indikator IpTek,Jasa Lab,Kompetisi Ilmiah,Literatur Ilmiah,Peneliti Asing,Registrasi ISSN,Registrasi PB3N,Repositori Data Ilmiah,Standar Waktu,Informasi Publik,Pengadaan Elektronik,Lowongan CPNS,Repositoris Institusi,Penerbit LIPI, e-Audit, LAKIP,Intra LIPI.

Pada Bagian Kolom dan Side Bar


Pada sesi ini bisa terdapat Artikel - artikel yang manjadi Berita Utama dan diletakan pada kolom situs ini.
Dan pada Bagian Side Bar terdapat kolom Video,Audio dan Gallery yang berisi konten- konten hasil kegiatan ilmu pengetahuan.
Lalu ada Kolom SIARAN PERS yang berisi informasi update tentang kegiatan LIPI.
Pada Kolom PENGUMUMAN terdapat pengumuman tentang laporan hasil kegiatan yang dikerjakan Lembaga ini.

0 komentar:

Posting Komentar