Senin, 13 Mei 2013

Pandangan Hidup Tentang Masa Depan



Memiliki pandangan hidup sangat penting untuk mengkualitaskan kehidupan yang kita jalani. Dengan pandangan tentang kehidupan maka kita memiliki pedoman untuk bagaimana kita akan menjalani kehidupan ini. Kita akan memiliki arah dan tujuan dalam menjalani kehidupan ini, atau jika diungkapkan dengan kata-kata: “Saya ingin punya kehidupan seperti ini”. Dengan begitu akan ada kualitas hidup yang kita jalani.
Tapi sebenarnya masih ada satu kendala lagi dalam memiliki pandangan hidup, yaitu seperti yang sudah saya katakan di atas. Bukan kah kita tahu kalau pandangan hidup sangat mempengaruhi bagaimana kita hidup serta kualitas hidup kita? Maka dari itu, kewaspadaan dalam memiliki pandangan hidup yang seperti apa sangat diperlukan.
Sebagai contoh gampangnya, kalau misalnya saja seseorang memiliki pandangan hidup bahwa hidup cuma sekali, maka orang itu bisa saja akan memanfaatkan kehidupan yang dimiliki hanya untuk menikmati kehidupan yang dimiliki sekarang ini. Di dalam kehidupan orang tersebut yang ada hanya kesenangan dan kenikmatan hidup sesaat, karena dia hanya berusaha untuk menikmati segala kehidupan yang telah dimiliki.

Akan sangat berbeda dengan orang yang memiliki pandangan hidup tentang berbagai kesempatan yang dimiliki, bisa saja dia akan memanfaatkan kesempatan yang dia miliki itu untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Memang ini yang kita harapkan dalam kehidupan kita, tapi sebenarnya tidak banyak orang yang punya pandangan hidup semacam ini.
Masa depan kita sendiri sangat dipengaruhi oleh pandangan hidup kita saat ini, jadi berhati-hati dalam memilih pandangan hidup adalah yang sebaiknya kita lakukan. Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, kalau apa yang menurut kita baik tapi belum tentu akan baik menurut pandangan orang lain.
Oleh karenanya sebaiknya untuk bisa memiliki pandangan tentan kehidupan yang berkualitas,lingkungan kita bersosialisasi harus benar-benar memang sesuai dengan kualitas pandangan hidup kita. Gampangannya, jika kita memiliki suatu pandangan hidup tertentu maka lingkungan sosial terbaik kita adalah yang memiliki pandangan hidup semacam itu.
Tapi sebelumnya perlu diingat juga, di sana saya menggaris bawahi untuk kata semacam, jadi pandangan hidup lingkungan sosial kita itu merupakan bagian dari pandangan hidup kita agar bisa saling melengkapi.
Seperti contohnya tadi, pandangan tentang kehidupan yang akan memanfaatkan semua kesempatan yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas hidup, maka lingkungan sosial yang terbaik untuk kita adalah lingkungan sosial memiliki pandangan hidup masih ada hubungannya dengan ini. Seperti memanajemen waktu, produktifitas, peningkatan skill, dll.

0 komentar:

Posting Komentar