Senin, 14 Desember 2015

Analisis SWOT pada diri sendiri dan Website Bisnis

NPM : 56412175
Nama : Reyhan Gamal
Kelas : 4IA23
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
Dosen : Dr. Rina Noviana, SKom. MMSI

SWOT

Penjelasan tentang SWOT secara terperinci :
  • S (Strengths) : Yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.
  • W (Weaknesses) : Yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
  • O (Opportunities) : Yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
  • T (Threats) : Yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Manfaat dari analisis SWOT

Metode analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yangg paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Jika digunakan dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.

Analisa SWOT bukan hanya ada pada suatu bisnis, tetapi juga bisa dilakukan pada diri sendiri, seperti contohnya analisis SWOT pada penulis untuk keperluan tugas : 

  • Strength
1. Berusaha ingin menjadi pribadi yang lebih baik
2. Memberikan yang terbaik untuk diri sendiri dan lingkungan
3. Serius dalam melakukan sesuatu
  • Weakness
1. Kurang baik dalam mempelajari sesuatu yang teoritis
2. Kurang percaya diri
  • Opportunities
1. Memiliki pengetahuan yang cukup untuk memberikan yang terbaik untuk lingkungan
2. Memiliki teamwork yang sangat baik 
3. Semangat untuk maju yang tinggi
  • Threats
1. Niat yang mudah hilang dalam melakukan sesuatu
2. Mudah terpengaruh orang lain yang bersifat memaksa .




Analisis SWOT Website 






Setelah sukses membeli situs komunitas online, kaskus.us, PT Global Digital Prima atau GDP, perusahaan afiliasi produsen rokok Djarum, kini meluncurkan situs belanja online atau e-commerce yang namanya blibli.com ini. Mal virtual bernama blibli.com ini ditargetkan bisa meraup transaksi miliaran rupiah dalam setahun. Menurut Kusumo Martanto niiih (Presiden Direktur PT Global Digital Niaga), situs ini mengincar pasar kelas menengah ke atas yang gemar berbelanja produk elektronik dan fashion.
Tidak sekadar berjualan, situs ini menawarkan jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan. Hingga saat ini, udah tercatat 200 pedagang atau merchant yang sudah bergabung di blibli.com. Beberapa di antaranya merk terkenal, seperti toko ponsel Erafone, gerai motor dan apparel Harley Davidson, distro Surfer Girl, dan Batik Danarhadi. Untuk metode pembayarannya, blibli.com hanya menerima kartu kredit dari dua bank, yakni Bank Central Asia dan Bank Mandiri. Pengiriman barang dilakukan oleh beberapa perusahaan logistik, seperti NCS, RPX, dan JNE.








Analisa SWOT tentang blibli.com sendiri adalah sebagai berikut:


  • Strength (Kelebihan)
Dalam penggunaan jasa jual beli online pastilah terdapat kelebihan dan kekurangannya, berikut adalah kelebihan dan kekurangan jual beli online melalui blibli.com:


Tak sekadar berjualan, situs ini menawarkan jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan.
Situs Online Shopping ini, telah memakai sistem keamanan yang sudah mendapat sertifikasi dari VeriSign (merupakan sistem standar keamanan transaksi online di dunia, serta mitra perbankan yang terpercaya diseluruh dunia).
Situs Blibli.com ini memposisikan dirinya sebagai social e-commerce, yang mengusung tagline “assisting customer assisting customer”, Yang artinya adalah Situs Blibli.com membantu si pelanggan agar pelanggan tersebut dapat membantu pelanggan lainnya.
Situs Blibli.com ingin menempatkan dirinya sebagai sahabat bagi para pelanggan yang memberikan saran-saran terbaik dari para member yang dianggap oleh Situs Blibli.com ini dengan sebutan “friends”.
Sebagai online mall, Blibli.com juga mencoba menawarkan berbagai kemudahan bagi para pelanggan.
Dalam proses pembelian dan pembayaran, pelanggan juga selalu diberi kesempatan untuk mengonfirmasi kembali keputusannya untuk membeli. Kemudian ketika barang sedang kosong atau habis (out of stock), akan ada informasi kapan stok barang datang lagi. Dengan demikian pelanggan tidak putus asa dan berpindah ke “toko sebelah”.



  • Weakness (Kekurangan)
Untuk metode pembayarannya, blibli.com hanya menerima kartu kredit dari dua bank, yakni Bank Central Asia dan Bank Mandiri.







  • Opportunity (Peluang)
e-commerce tumbuh dan berkembang dibanyak belahan dunia. Asia dan Pasifik juga sepertiga dari negara-negara berkembang sudah banyak yang menggunakan internet. Jumlah pengguna internet juga terus tumbuh. Sebagian besar pertumbuhan ini berasal dari Asia, Amerika latin dan belahan Eropa. Oleh karena itu e-commerce sangat menguntungkan toko-toko online yang sudah menjamur di Indonesia ini, contohnya blibli.com.


  •  Threat (Ancaman)
Rendahnya hambatan masuk antar negara-negara akan menyebabkan banyak pesaing-pesaing di perusahaan internet. Banyak muncul perusahaan-perusahaan internet didunia ketiga (negara berkembang) akan menyebabkan banyak menimbulkan pesaing-pesaing. Pesing terbesar yang ada di dunia internet adalah Wall mart yang merupakan perintel terbesar di dunia.
Tokobagus sendiri merupakan pesaing bagi blibli.com, Tokobagus ini merupakan sebuah situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa. Tokobagus juga merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya pengunjung dari Tokobagus yang akan menemukan iklan anda tetapi juga orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine seperti Google juga akan menemukan iklan-iklan anda. Karena strategi yang kuat dan media publikasi yang besar kini Tokobagus telah mempunyai lebih dari 100.000 pengunjung setiap hari.






Referensi : 
https://www.blibli.com/
http://ceritaakudanlangit.blogspot.co.id/2013/03/analisa-swot-website-e-commerce.html
http://chandrabudiy.blogspot.co.id/2015/12/tugas-softskill-31-analisa-swot-pada.html