Selasa, 20 Oktober 2015

Tugas Softskill Pengantar Bisnis Informatika

NPM : 56412175
Nama : Reyhan Gamal
Kelas : 4IA23
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
Dosen : Dr. Rina Noviana, SKom. MMSI


PT. INDOMARCO PRISMATAMA (INDOMARET)




  • Latar belakang

PT. Indomarco Prismatama atau lebih dikenal dengan nama Indomaret sebagai salah satu dari sekian banyak perusahaan ritel yang melakukan promosi. Perusahaan ini bergerak dalam bidang ritel dengan jaringan minimarket (grocery store) yang tersebar di beberapa wilayah JABODETABEK, Bandung, Surabaya, Surabaya, Semarang, dan Lampung.
Di dalam aktifitas pemasarannya, PT. Indomarco Prismatama berusaha menyusun strategi pemasaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan pemasaran yaitu meningkatkan brand image sebagai minimarket yang dibutuhkan masyarakat dan meningkatkan penjualan agar target yang ditetapkan tercapai. Salah satu strategi yang digunakan adalah melalui promosi yang diharapkan dapat mempengaruhi sikap, tingkah laku, dan pola pikir konsumen.

  • Sejarah singkat berdirinya perusahaan
PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) adalah perusahaan swasta nasional yang didirikan berdasarkan akta notaries No. 207, tertanggal 21 November 1988 oleh bapak Benny Kristianto dan SIUP No. 789/0902/PB/XII/88 tanggal 20 Desember 1988 dengan NPWP 1.337.994.6-041 dari Departemen Keuangan RI Ditjen Pajak Penjaringan Jakarta Utara. 
PT. Indomarco Prismatama berkantor pusat di Jalan Terusan Angkasa B2 Kav-1. Gunung Sahari,Kemayoran, Jakarta Pusat, memiliki kantor cabang dan distribution centre (DC) di Jakarta, Cimanggis (Depok), Jatake (Tangerang), Parung (Bogor), Bekasi (Cikarang), Bandung, Surabaya, Semarang, dan Lampung. Sedangkan cabang yang akan dibuka tahun 2008 adalah cabang Medan. Sedangkan perkembangan gerai hingga Juli 2015, Indomaret mengoperasikan lebih dari 11.285 gerai,terdiri dari 60% milik sendiri dan 40% milik masyarakat. Semuanya tersebar di Jawa , Bali, Madura dan Sumatera.
Setiap gerai menyediakan lebih dari 4.800 produk food, nonfood, general merchandise dan fresh product dengan harga hemat, untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari konsumen.

Pada awal berdirinya Indomaret hanya memiliki outletnya di lokasi perkantoran saja yaitu Wisma Indocement, Plaza Central, Wisma BCA. Dengan semakin berkembangnya usaha tersebut maka diteruskan sampai ke lokasi perumahan-perumahan dan lokasi bisnis lainnya. Untuk toko Franchise (waralaba) baru dimulai tahun 1997 dengan dua toko yaitu Franchise Tole Iskandar dan Franchise Borobudur.

  • Maksud dan Tujuan Perusahaan
Sesuai dengan Akte Pendirian Perusahaan No. 207 tertanggal 21 November 1988, maksud dan tujuan perusahaan adalah :

  1. Bergerak dalam bidang usaha perdaganan barang/retail ( mini market ), jenis barang dagangannya yaitu : hasil bumi (laut, perikanan,peternakan dan hutan), obat - obatan, kelontong,kosmetik, alat -alat kesehatan dan lain - lain.
  2. Bergerak dalam bidang ekspor - impor
  3. Bergerak dalam bidang distributor/penyalur
  4. Mengadakan kerja sama (joint venture) dengan masyarakat dan badan usaha yang ingin membuka usaha dalam bidang perdaganan (business retail) dengan sistem waralaba.

  • Visi dan Budaya Perusahaan 
Dalam Proses pendirian dan pengembanganya, Indomaret menetapkan hal - hal sebagai berikut :

  1. Visi : Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global.
  2. Moto : Mudah dan Hemat
  3. Budaya : Menjunjung tinggi nilai - nilai kejujuran , kebenaran dan keadilan, kerjasama kelompok, kemajuan melalui inovasi yang ekonomis serta mengutamakan kepuasan konsumen.
  4. Esensi : Pendekatan dengan senyuman yang tulus, untuk membangan hidup lebih baik.

Si Domar, Maskot Resmi Indomaret

  • Pemasaran dan Promosi
Target pasar Indomaret adalah semua kalangan masyarakat di indonesia. Strategi pemasarannya diintegrasikan dengan kegiatan promosi yang dijalankan secara berkala dengan berbagai metode sesuai dengan jenis produk dan fokus target pasarnya.
Beberapa strategi jangka pendek yang dijalankan oleh Indomaret antara lain :
  1. “Harga Heboh”: promosi mingguan yang memberikan harga sangat murah untuk produk-produk kebutuhan sehari-hari
  2. “Super Hemat”: leaflet edisi dua mingguan yang mempromosikan produk-produk dengan harga hemat sebagai panduan bagi konsumen untuk belanja hemat
  3. “Promosi Bulan ini”: promosi bulanan atas produk tertentu dalam bentuk pemberian hadiah langsung atau potongan harga.
Untuk strategi jangka panjang, Indomaret menerapkan berbagai program yang berkaitan dengan loyalitas konsumen serta pembentukan komunitas.
Dalam upaya meningkatkan brand image sampai ke tingkat dunia, Indomaret berhasil menjadi “Official Event Store” (OES) Piala Dunia 2010 dengan menyisihkan peritel-peritel besar di indonesia. Dengan terpilihnya Indomaret sebagai OES oleh Global Brands Group-sebagai pemegang lisensi ekslusif FIFA di seluruh dunia-maka Indomaret menjadi gerai resmi yang menjual produk Piala Dunia 2010 serta berhak menggunakan logo dan atribut Piala Dunia 2010 pada setiap kegiatan promosi di Indonesia




Sumber/Referensi :