Senin, 04 Mei 2015

Softskill Pengantar Teknologi Game (Tugas 2)

Membandingkan Kelebihan dan Kekurangan Game pada 2 buah jurnal


Perancangan Game "Uji Ke-Indonesia-anmu " Berbasis Android


                                                              Tampilan Area Bermain

Kelebihan :
  • Game   in dikembangkan   denga menggunakan perangkat lunak yang mudah didapatkan di pasaran.
  • Pada  game  ini  pemain  dapat  memilidua  mode permainan, yaitu Main untuk memainkan game secara berurutan sesuai dengan level yang sudah ada dan Belajar untuk memainkan game dengan level yang acak.
  • Game ini akan memberikan beberapa penjelasan tentang budaya, sejarah, dan tempat-tempat yang ada di Indonesia.
Kekurangan :
  • Game  ini  dirancang  khusus  untuk  sistem  operasi Android minimal 2.2 (Froyo) ke atas.
  • Resolusi yang terbatas pada game ini berupa ukuran 240x320 pixels nantinya akan tidak optimal jika dijalankan  pada  perangkat  dengan  resolusi  yang lebih besar.
  • Game ini dibuat hanya untuk single player/ pemain tunggal.
  • Game  ini  dapat  dikembangkan  dengan  perangkat keras PC minimal memori 1,6 GB



Game Edukasi Meningkatkan Daya Ingat Anak "Bermain Bersama Dido" Dengan Macromedia Director


Tampilan Menu


Kelebihan :

  • Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif. Mampu mengabungkan antara teks, gambar, audio ,musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung guna tercapainya tujuan pembelajaran. 
  • Mampu  menimbulkan  rasa  senang  selama Proses Belajar Mengajar (PBM) berlangsung.  Hal  ini  akan  menambah  motivasi  siswa  selama PBM  hingga  didapatkan  tujuan  pembelajaran  yang maksimal. 
  • Mampu  memvisualisasikan  materi  yang  selama  ini  sulit untuk diterangkan hanya sekedar dengan penjelasan atau alat peraga yang konvensional. 
  • Media penyimpanan yang relatif gampang dan fleksibel.
Kekurangan :
  • Game ini hanya berjalan dengan baik menggunakan OS Windows XP. 

Sejarah dan Perkembangan Teknologi Game (Tugas 1)

Perkembangan teknologi pada saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya adalah game dan mendengar kata game bukanlah hal yang asing lagi bagi setiap orang. Penggunaan game ini tidak hanya diminati oleh kalangan remaja, tetapi anak-anak bahkan anak-anak di usia dini pun kini telah banyak memainkan berbagai jenis game dan bahkan kalangan orang-orang yang tergolong dalam usia dewasa dan bahkan orangtua pun kini telah banyak yang memainkan game yang tersedia pada handphone miliki mereka.
       Apa itu game? Darimana asal mula game ini?
Game  dalam bahasa Indonesia memiliki arti sebagai permainan, yang dimana dapat berupa suatu permainan yang saling berinteraksi antara sesama manusia atau bisa juga suatu permainan yang saling berinteraksi antara manusia dengan mesin (console).
Kelincahan intelektual pada tingkat tertentu merupakan ukuran sejauh mana gameitu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Pada awalnya, game identik dengan permainan anak-anak, yang dimana dalam pikiran banyak orang game itu merupakan sesuatu kegiatan yang dilakukan anak-anak yang dapat menyenangkan hati mereka, bahkan banyak jenis game yang dapat melatih kelincahan intelektual mereka dan mengajarkan mereka bagaimana cara pencapaian terhadap target tertentu itu lah manfaat yang diambil dari sebuah game.
       Game atau permainan ini dalam memainkannya tidak sembarang karena di dalamnya terdapat berbagai aturan yang harus dipahami oleh penggunanya, selain itu di dalam sebuah game perlu adanya sebuah skenario agar alur permainan pun jelas dan terarah dan skenario disini bisa meliputi setting map, level, alur cerita bahkan efek yang ada dalam game tersebut.
Sebagian besar penciptaan permainan pada awalnya hanya untuk pengujian teori-teori yang berkaitan dengan bidang-bidang seperti interaksi manusia-komputer, belajar adaptif dan strategi militer. Beberapa yang dianggap sebagai game pertama adalah Nimrod (1951), OXO (1952), dan Hutspiel (1955). Salah satu game yang paling menonjol di antara semua game pada awal penciptaannya adalah Tennis for Two (1958). Game ini diciptakan pertama kali oleh fisikawan William Higinbotham untuk menghibur tamu di hari pengunjung tahunan yang diadakan Brookhaven National Laboratory, tennis for two menampilkan lapangan tenis pada osiloskop dimana dua pemain menggunakan kontroler berbentuk kotak dengan tombol untuk lintasan dan tombol untuk memukul bola. Permainan ini sempat populer, namun akhirnya dibongkar untuk kebutuhan lain.

Gambar Tennis For Two


     Kemudian pada tahun 1962, sekelompok peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang dipimpin oleh Steve Russell bersama dengan mahasiswanya membuat suatu permainan komputer dengan nama Spacewar dangame ini akhirnya dinobatkan sebagai permainan komputer pertama yang berpengaruh secara luas. Permainan ini menceritakan tentang dua pesawat ruang angkasa yang dikendalikan manusia berusaha untuk saling menghancurkan dengan torpedo.



Gambar Spacewar


Berikut ini beberapa sejarah perkembangan teknologi game :
·         Generasi Pertama
Seiring berjalannya waktu, akhirnya muncul suatu konsol game yang kelak akan mengubah dunia game secara keseluruhan dan hal ini ditandai dengan lahirnyaMagnavox Odyssey pada tahun 1972. Konsol ini muncul berdasarkan inisiatif dariRalph Baer. Hal ini mengakibatkan game kini bisa dimainkan di mana saja tanpa harus mengunjungi suatu institusi pendidikan. Odyssey memiliki ciri khas hanya mengeluarkan suara “pong”. Karena hal inilah, muncul game bernama Pong yang bernuansa hitam dengan garis putih-putih. Selain itu, terdapat 27 game yang bisa dimainkan dan konsol yang digunakan pada masa itu masih merupakan konsol analog.
Gambar Magnavox Odyssey

Gambar PONG

·         Generasi Kedua
Pada generasi ini, sudah mulai muncul game dengan tipe 8-bit. Generasi ini muncul dari tahun 1976-1982. Ketika itu, sudah banyak konsol game yang bermunculan, tidak hanya Magnavox saja. Beberapa di antaranya adalahFairchild Channel F dan Radofin 1292. Pada zaman ini, Atari menjadi penguasa konsol game pada tahun 1982 dengan menerbitkan Atari 5200. Saat itu, Space Invaders menjadi game yang paling fenomenal selain itu Atari juga mengeluarkan game arcade Battlezone, game dengan perspektif 3D pertama.
Namco mengeluarkan Pac-Man.



·         Generasi Ketiga
Pada tahun 1983, perusahaan bernama Famicom (Jepang) menciptakan gebrakan baru dengan sebuah konsol bernama Famicom atau Nintendo Entertainment System (NES) dirilis di akhir 1983. Konsol ini menampilkan gambar dan animasi resolusi tinggi untuk pertama kalinya dan setelah mendapat sambutan hangat di Jepang, Famicom memperluas pemasarannya ke Amerika yang dikenal dengan NES (Nintendo Entertainment System). Nintendo memiliki chip pengaman pada cartridge game mereka, dengan demikian seluruh game yang akan dirilis haruslah seijin developer Nintendo. Dan akhirnya muncul sebuah game legendaris, Super Mario Brothers yang dibintangi karakter fenomenal yang tetap eksis hingga kini Mario dan Famicom dari Nintendo, berhasil merajai pasar videogame di era generasi ketiga.


·         Generasi Keempat
Generasi ini mulai muncul pada tahun 1988. Ketika itu, Nintendo dan Sega saling bersaing satu sama lain dalam hal konsol game dan di tahun 1988, Sega meluncurkan Sega Mega Drive atau disebut Sega Genesis. Tampilan grafis pada konsol ini lebih halus dari NES. Namun, penjualan NES masih dalam keadaan sedang tinggi-tingginya. Dan pada akhirnya ditahun 1990, Nintendo mengeluarkan penerus NES, yaitu SNES (Super Nintendo Entertainment System). Pada generasi ini, Nintendo sudah mulai menguasai pasar game dan juga merilis konsol genggam (handheld console).


·         Generasi Kelima
Generasi ini berlangsung pada tahun 1994-2001.  Hal ini ditandai dengan rilisnya konsol buatan Sega, yaitu Sega Saturn. Pada era ini, prosesor 32-bit mulai diperkenalkan ke publik. Sony juga mulai mengeluarkan PlayStation (PS) pertama, yaitu PS One dengan salah satu game-nya Driver. Sedangkan, Nintendo meluncurkan Nintendo 64 dengan game besutannya adalah Super Mario 64. Pada masa ini, cartridge sudah mulai digantikan dengan CD yang lebih praktis.



·         Generasi Keenam
Kemudian pada tahun 1998 dan setelah jatuhnya Nintendo dan Sega, kini dunia konsol jadi milik Sony. Play Station menjadi raja dan bisa dibilang tidak memiliki pesaing dan Sega mencoba meluncurkan Sega Dreamcast untuk mematahkan dominasi Sony tetapi kembali gagal dan akhirnya pada tahun itu juga, Sega mengundurkan diri dari dunia produsen konsol.
Pada tahun 2000, Sony semakin merajalela ketika mereka berhasil merilis konsol barunya yaitu Play Station 2, yang sudah berbasis DVD. Nintendo mencoba bertahan di dunia konsol dengan merilis GameCube. Konsol ini tidak menggunakan DVD 12 cm biasa, melainkan DVD yang berukuran lebih kecil, yaitu 8 cm. Ukuran keping medianya yang lagi-lagi nyeleneh membuat GameCube kurang populer. Satu-satunya pesaing serius Play Station 2 adalah Xbox, sebuah konsol keluaran Microsoft ini menggebrak dengan tampilan visual yang sangat tajam dan berkualitas yang kala itu lebih menarik dibanding denganPlay Station 2. Namun, game-game Xbox ternyata tidak sepopuler PlayStation 2. Satu game Xbox yang menjadi hit dan cukup fenomenal yaitu Halo. Karena game ini udah memanfaatkan fasilitas ‘unggul’ dari Microsoft, yaitu Xbox Live.


·         Generasi Ketujuh
Generasi ini berlangsung dari tahun 2005 hingga saat ini, era konsol ini dimulai ketika Microsoft meluncurkan Xbox 360 pada tahun 2005. Hal ini diikuti dengan munculnya PS3 oleh Sony dan Wii oleh Nintendo dimana keduanya dirilis pada tahun 2006. Pada masa ini, CD biasa sudah mulai digantikan oleh Blu-Ray yang harganya lebih mahal dan mengenai resolusi pada televisi, PS3 menggunakan Full HD, X360 menggunakan HD dan Wii menggunakan 480p. Controller yang digunakan pada era ini sudah berupa wireless Bluetooth. Namun, untuk Nintendo Wii, controller-nya (Wiimote) menggunakan sinar infra merah. Pada 2010, Sony mengeluarkan PlayStation Move untuk PS3 dan Microsoft membuat Kinect untuk Xbox 360. Keduanya memiliki fungsi yang mirip dengan Wiimote, namun Kinect lebih unggul karena pengguna menjadi controller-nya. Pada generasi ini, sudah mulai dikenal sistem permainan online.


·         Generasi Kedelapan



Generasi ini dimulai pada tahun 2012 yang juga disebut sebagai Next-Gen. Era ini merupakan masa dimana PS3 mulai dibuat penerusnya dengan PS4, Xbox 360 dengan penerus Xbox One, dan Wii dengan penerus Wii U dengan tambahan gamepad. Generasi ini diharapkan akan mengungguli generasi sebelumnya dengan angka penjualan yang tinggi pada 24 jam setelah perilisannya, yaitu 1 juta unit untuk PS4 dan Xbox One. Pada generasi ini, prosesor AMD mulai digunakan pada konsol dan nVidia membuat kartu grafis untuk PC. PlayStation Vita termasuk dalam generasi ini.

·         Generasi Game Handleheld



Pada tahu 2001, Game Park GP32 muncul dan Handheld buatan Korea ini sangat unik. Selain fitur multimedia, pemiliknya bisa mendesain aplikasi dan game sendiri untuk GP32. Nintendo juga merilis Game Boy Advance pada tahun yansg sama dan bahkan, Nokia produsen ponsel yang tidak asing bagi Anda, merilis handheld Nokia N-Gage. Ini merupakan ponsel sekaligus piranti game yang lengkap dengan fitur-fitur multimedia dan interkonektivitas, seperti Bluetooth. Dan juga pada tahun ini, dirilis Game Boy Advance SP dengan model yang cantik, solid, dan padat.
Kemudian pada 2004-2006, Sony merilis handheld pertama yang menggunakan cakram bernama PSP dan dibarengi dengan hadirnya Nintendo DS, yang menggunakan konsep dual screen (layar ganda). Disusul oleh Game Boy Micro dan Game Park XGP. Nintendo DS Lite dan Pelican VG Pocket Caplet menjadi handheld terbaru yang dilempar ke pasaran.

·         Sejarah Game Smartphone




Sebelum menjamurnya smartphone belakangan ini yang ditandai oleh persaingan antara Apple dengan Samsung, game mobile sudah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat pada tahun 1990-an. Game mobile memang baru muncul belakangan ketika ponsel perlahan-lahan mulai memasyarakat. Game pertama yang muncul pada ponsel adalah Tetris pada device Hagenuk MT-2000 pada tahun 1994.
Pada tahun 1997, Nokia meluncurkan salah satu game mobile yang paling dikenang sepanjang masa, yaitu Snake. Game ini sudah dipasang pada setiap ponsel Nokia ketika itu dan menjadi game yang paling sering dimainkan dengan lebih dari 350 juta device di seluruh dunia. Variasi dari Snake pada Nokia 6110 menggunakan port infra merah dan menjadi game ponsel pertama yang dapat dimainkan dua orang.
Kemudian App Store diluncurkan pada tahun 2008 dan mengubah pasar dimana dahulu pengguna hanya bisa men-download melalui toko aplikasi pihak ketiga, seperti GetJar dan Handango. Pengguna Apple hanya bisa men-download aplikasi melalui App Store. Pada Desember 2009, Angry Birds dirilis oleh Rovio Entertainment dan menjadi game mobile pertama yang sukses besar di App Store.
Sampai saat ini, perkembangan game di smartphone semakin pesat dari waktu ke waktu. Tampilan grafisnya juga semakin membaik dari waktu ke waktu, bahkan sudah banyak bermunculan game berbasis 3D. Selain itu, munculnya Play Store untuk Android dan Windows Store untuk Windows Phone juga semakin membantu penggunanya untuk memilih game favoritnya.Game fenomenal pun semakin banyak bermunculan setelah booming Angry Birds, seperti Candy Crush Saga, Line Pokopang, Flappy Bird, hingga yang terbaru, yaitu 2048.

Referensi :
http://shortcutsmartbrain.blogspot.com/2015/04/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game.html